Campus

gundar

Halaman

-

Photobucket Photobucket

Kamis, 20 Maret 2014

Trip ke Pantai Sawarna

Penulis kali ini akan membagi tulisan tentang pengalaman penulis yang termasuk salah satu hobi dari penulis, yaitu perjalanan ke pantai, kali ini penulis akan membagi kisah tentang salah satu pantai di Banten, Sawarna, dimana pantai ini menjadi pantai favorit penulis untuk berpergian.

            Sawarna terletak di provinsi  Banten. Berbatasan dengan Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi – Jawa Barat. Dari Jakarta menuju Sawarna dengan menggunakan mobil membutuhkan 4-7 jam perjalanan dengan jarak tempuh lebih dari 270 KM. Perjalanan menuju Sawarna dapat dilalui 2 arah, yaitu dari Jakarta ke arah Barat via Pandeglang atau dari Jakarta ke selatan via Pelabuhan Ratu di Sukabumi dan menyusur pesisir selatan. Rute Jakarta-Tangerang-Tigaraksa-Lebak-Malingping-Bayah bisa memakan waktu 6,5-7 jam. Sedang Rute Jakarta-Sukabumi via Pelabuhan Ratu hanya perlu 4,5 jam saja. Kalau suatu saat pemda Banten membuat akses ke Pantai Sawarna dengan jalan 4 lajur seperti Tigaraksa, tentu akan lebih cepat melalui Tigaraksa-Lebak.

            Saya ke Sawarna lumayan cukup sering. Biasanya kalo ingin ke Sawarna saya lewat rute Sukabumi, pernah sekali saya lewat Tanggerang dan berangkat di malam hari. Di Sawarna sendiri terdapat berbagai jenis pariwisata seperti Tanjung Layar, Pulau Bokor (Cipamadangan), Pulau Manuk , dan Gua Laylay. Namun saya baru mengunjungi Tanjung Layar. Di Tanjung Layar terdapat sebuah batu yang menjulang tinggi ke atas. Ombak yang berada di Pantai Sawarna ini tidak terlalu kenang. Pantai di Sawarna memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah. Kebersihan di pantai ini lumayan bersih. Namun masih kurang fasilitasnya. Sebenarnya jika dikelola dan dikembangkan lagi, Sawarna memiliki potensi.

            Sekian cerita penulis melakukan perjalanan ke Sawarna, dan berikut ini dokumentasi pribadi pantai Sawarna :




Contact person